8 Novel Anak buat Mengisi Akhir Pekan

Tidak berasa udah masuk weekend aja nih Bun. Di akhir minggu ini, jika tidak mau keluar rumah, bisa jadi kita dapat baca- baca novel cerita bareng anak, kemudian dilanjutkan dengan mendongeng ataupun menceritakan.

Soalnya membaca novel cerita serta mendongeng itu banyak banget lho khasiatnya.” Sesuatu cerita yang didengar dikala kita masih kanak- kanak membentuk pemikiran kita terhadap dunia. Mayoritas anak kecil menempuh hidup mereka di area yang sangat terbatas. Membaca cerita kepada kanak- kanak bisa menampilkan tempat- tempat yang jauh, orang luar biasa serta suasana membuka mata buat memperluas serta memperkaya dunia mereka,” tutur Dokter Keith Oatley, Ph. D. novelis serta profesor emeritus psikologi kognitif di University of Toronto.

Menceritakan ataupun membaca novel cerita pula dapat jadi metode yang bagus buat menolong mereka mengalami suasana kehidupan nyata yang mereka butuhkan buat ditangani. Periset pula menciptakan kalau kegiatan otak yang terjalin dikala kita membaca fiksi sangat mirip dengan hadapi suasana dalam kehidupan nyata.

” Jadi membaca tentang sesuatu suasana menolong kanak- kanak mengerjakan metode buat menyelesaikannya dalam realitas,” lanjut Keith dilansir dari bbc. co. uk

Nah, berikut ini HaiBunda kasih rujukan teks novel anak yang menarik serta nyaman buat kanak- kanak dari Ibu Nia, anggota komunitas Mari Dongeng Indonesia shofikids :

1. Orang dagang Peci Kecurian serta Seribu Kucing buat Kakek

2 buah novel karya Pak Raden yang kembali diterbitkan oleh Penerbit Noura Books. Novel tersebut bertajuk Orang dagang Peci Kecurian serta Seribu Kucing buat Kakek. Kedua novel ini merupakan karya lama Pak Raden yang berisi cerita serta ilustrasi buatan Pak Raden sendiri.

Cerita yang di informasikan sangat menarik, dekat dengan kehidupan tiap hari, menggelitik, namun pula ada nilai- nilai baik dalam kehidupan yang hendak di informasikan kepada pembaca spesialnya kanak- kanak. Walaupun ilustrasinya tidak bercorak namun lumayan membuat kanak- kanak ikut berimajinasi dalam ceritanya. Tutur kata yang disajikan pula sangat naratif, imajinatif, serta mengalir sekali.

Novel ini tidak cuma sesuai buat dibacakan kepada kanak- kanak namun pula dapat membuat orang tua bernostalgia, kala masa anak- anak akrab dengan figur serta dongeng almarhum Pak Raden. Lewat novel ini, orang tua dapat sekalian menghadirkan tokoh hebat Indonesia pula kepada kanak- kanak. Pastinya keakraban anak serta orang tua hendak terus menjadi terjalin.

2. Dru serta Cerita 5 Kerajaan

Ini cerita tentang petualangan seseorang anak wanita 2 belas tahun bernama Dru yang mendapatkan banyak pelajaran dari pengalamannya tersebut.

Walaupun masuk jenis sastra anak, novel ini sangat sesuai dibaca seluruh umur. Tetapi, dapat berikan hikmah luar biasa kepada kanak- kanak yang membacanya. Melalui style bahasa serta perumpamaan- perumpamaan, Clara sukses memasukkan faktor budaya Indonesia ke dalam cerita. Style bertutur penulis yang sangat apik bawa kita ikut terhanyut dalam petualangan Dru.

Tidak hanya itu pula, pembaca disuguhkan ilustrasi yang sangat bagus karya Renata Owen, ilustrator berbakat Indonesia. Ilustrasi yang ditampilkan dalam novel ini sangat menolong kita mewujudkan imajinasi dari tiap cerita. Sehingga kanak- kanak mendapatkan cerminan yang nyata tetapi pula penuh fantasi.

Bagi Nia, novel ini sangat sesuai dijadikan saran teks bergizi buat kanak- kanak mulai umur sekolah dasar hingga orang tua. Selamat membaca serta berpetualang bersama Dru sang wanita cilik yang pemberani.

3. 100 Cerita Rakyat Nusantara

Indonesia kaya hendak budaya serta bahasanya, tidak hanya itu nyatanya Indonesia pula kaya hendak cerita rakyatnya. Dari 34 provinsi yang terdapat di Indonesia, bisa jadi saja ada lebih dari 100 cerita rakyat.

Nah, novel karya Dian Kristiani( penulis novel anak ternama di Indonesia) yang diterbitkan oleh Penerbit Bhuana Ilmu Terkenal, berisi tentang cerita- cerita rakyat yang terdapat di nusantara. Dalam satu novel ada 100 judul cerita. Dapat dibayangkan cerita apa saja yang dapat kita jumpai di dalamnya. Bisa jadi saja cerita rakyat yang telah kerap kita dengar serta kita hafal, namun bisa jadi pula terdapat cerita yang sama sekali asing di kuping kita.

Bagaikan orangtua, butuh pula mengenalkan kepada kanak- kanak cerita rakyat Indonesia yang sesungguhnya sangat banyak ini. Sehingga anak kita bisa memahami cerita yang terdapat di negerinya sendiri. Dengan begitu kita dapat pula menanamkan rasa cinta serta nasionalisme kepada buah hati.

Tidak hanya itu, tujuannya supaya generasi muda bisa memahami cerita asli Indonesia. Boleh saja memahami cerita dari luar negara, asalkan tidak melupakan cerita dari dalam negara sendiri. Dengan aktivitas literasi di rumah semacam ini, diharapkan kanak- kanak bisa terus melestarikan cerita rakyat nusantara yang terdapat di Indonesia. Cerita ini merupakan cerita- cerita nusantara yang hendak senantiasa relevan dengan kehidupan tiap hari, pesan moral yang mau di informasikan pula baik serta menarik.

Cuma saja, bisa jadi orangtua butuh memilah kembali bahasa dalam penyampaian cocok umur buah hati, supaya mereka bisa lebih gampang paham. Dapat diperkirakan, cerita mana yang sesuai di informasikan kepada anak umur bayi, ataupun cerita- cerita yang laik di informasikan kepada anak umur sekolah dasar, serta seterusnya.

Selamat menikmati cerita rakyat nusantara. Mudah- mudahan terus menjadi cinta dengan Indonesia.

4. Cerita dari Banggai serta Cerita dari Alor

Dalam satu novel terdiri dari sebagian judul cerita. Mengajak kanak- kanak memahami kehidupan anak lain di daerah lain Indonesia. Kehidupan kanak- kanak yang riang dengan seluruh keterbatasan yang terdapat. Dengan seluruh kesederhanaannya mereka sanggup menempuh hidup dengan penuh cinta kasih.

Cerita keanekaragaman biologi Indonesia yang kaya pula ditafsirkan dalam buku- buku ini. Sangat layak jadi teks anak serta keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *