Dikpora Maluku Gelar Lomba Kompetensi Siswa SMK Se-Maluku

Dikpora Maluku Gelar Lomba Kompetensi Siswa SMK Se-Maluku

Di era persaingan dunia dalam memasuki globalisasi ini kebutuhan akan Sumber Daya Manusia

(SDM) yang handal mutlak diperlukan terutama di tingkat menengah kejuruan, yang nantinya masuk dalam dunia usaha dan indutri, sekaligus sebagai tenaga-tenaga trampil yang mampu menjawab masa depan.

Ketika membuka Lomba Kompetensi Siswa (LKS) se-Provinsi Maluku Senin (11/8/2014) di Amans hotel Kadis Dipora Maluku Drs. M. Saleh Thio, M.Si lebih lanjut mengungkapkan, SMK sebagai institusi pendidikan yang juga sebagai sekolah masyarakat semakin besar perannya di Maluku, dituntut dapat menyesuaikan mutunya sesuai dengan korelasi dan kebutuhan pasar kerja serta proaktif dalam menyongsong perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Lomba Kompentensi Siswa SMK tahun ini mengambil Tema, Melalui LKS Kita

Wujudkan Insan Maluku Yang Siap Kerja, Cerdas dan Kompetitif, sehingga melaui tema ini merupakan wahana yang tepat dan efektif, guna menguji kualitas penyelenggaraan pendidikan di masing-masing SMK di-Maluku.

Kegiatan ini, secara rutin dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Maluku sejak beberapa tahun lalu, karenanya melalui Lomba Kompetensi Siswa dapat mempromosikan siswa-siswa lulusan SMK kepada dunia usaha dan dunia industri sehingga diharapkan kegiatan LKS SMK ini juga dapat meningkatkan mutu kelulusan SMK di-Maluku.

Selain itu kata Kadis, kegiatan ini dapat memupuk persahabatan dan kerja sama

secara regional, guna membangun serta mengembangkan sekolah kejuruan, meningkatkan citra SMK sebagai pilihan yang tepat dengan pendidikan yang berkualitas.

Dalam lomba LKS tingkat provinsi ini, juga akan dipilih siswa terbaik untuk mewakili Maluku ketingkat Nasional.

Lomba LKS ini mempertandingkan 25 bidang lomba yang terdiri dari 18 mata lomba yang dipertandingkan, dan 7 mata lomba hanya dalam bentuk demo sesuai kompetensi keahlian yang ada di SMK, dengan mengikut sertakan 65 peserta siswa-siswi kelas X, XI, XII yang belum pernah menjuarai LKS SMK pada tingkat nasional.

Tim juri terdiri dari unsur perguruan tinggi, dinas terkait, dunia usaha, dunia indutri, BUMN, serta para praktisi dibidangnya, dan kegiatan LKS ini berlangsung dari tanggal 11 hingga 19 Agustus 2014 di Amans hotel, dengan pembiayaan dibebankan pada APBN tahun 2014.(TM04)

 

Baca Juga :