Jakarta Izinkan Bioskop Segera Dibuka Kembali

Jakarta akan mengizinkan bioskop dibuka kembali segera setelah pemerintah kota mengadakan pertemuan dengan Kementerian Kesehatan dan Industri Pariwisata dan Kreatif untuk menyimpulkan langkah tersebut akan memiliki sedikit risiko penyebaran penyakit Covid-19, kata Gubernur Jakarta Anies Basedan, Rabu.

“Kesimpulan dari pertemuan ini adalah bioskop di Jakarta akan segera dibuka kembali,” kata Anies dalam keterangan yang disiarkan di kanal Youtube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Jakarta telah bersiap untuk membuka kembali bioskop sejak 5 Juni karena melonggarkan apa yang disebut pembatasan sosial skala besar (PSBB) untuk memungkinkan beberapa kegiatan ekonomi dilanjutkan. Namun, ibu kota telah melihat jumlah kasus baru melonjak sejak itu, memaksa pemerintah untuk menunda rencana tersebut .

Para pengecer telah lama berargumen bahwa pembukaan kembali bioskop adalah kunci utama untuk menarik pengunjung ke pusat perbelanjaan, yang telah dibuka dua bulan sekarang tetapi gagal menarik cukup banyak pengunjung. Yang lain menyarankan teater dapat membantu mengangkat suasana hati masyarakat secara keseluruhan setelah penguncian berkepanjangan di rumah mereka.

“Bioskop memang memiliki kontribusi penting, terutama dalam memberikan hiburan kepada masyarakat. Kekebalan masyarakat bisa meningkat karena bahagia, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kondisi mental dan fisik masyarakat,” kata Wiki Adisasmito, juru bicara pemerintah. Satgas Penanganan Covid-19, pada hari Rabu.

Anies mengatakan, beberapa penelitian di negara lain menunjukkan SARS-CoV-2 — virusnya penyebab penyakit Covid-19 — sulit menyebar di bioskop selama penonton bioskop memakai masker setiap saat, menghindari minum dan makan di bioskop, dan duduk terpisah satu sama lain.

“Ada 47 negara yang bioskopnya berjalan seperti biasa saat ini. Bahkan Korsel tidak menutup bioskopnya saat puncak pandemi di sana,” kata Anies.

Anies mengatakan dalam waktu dekat Pemprov DKI akan mengeluarkan peraturan yang merincikan protokol kesehatan di bioskop. Di bawah peraturan tersebut, bioskop akan melarang anak-anak dan warga lanjut usia memasuki tempat mereka.

Semua penjualan tiket harus dilakukan secara online, dan operator bioskop harus membersihkan udara di bioskop secara teratur. Seluruh karyawan dan pengunjung wajib memakai masker, menjaga jarak aman dan sering mencuci tangan, kata Anies.

“Akan ada pengawasan ketat untuk memastikan bioskop bisa memberikan layanannya tanpa membahayakan kesehatan pengunjungnya,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *