Rani Nursita, Raih Medali Emas Bidang Post Harvest Technology

Rani Nursita, Raih Medali Emas Bidang Post Harvest Technology

Penutupan sekaligus penganugrahan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK

Tingkat Nasional XXVI Tahun 2018 diselenggarakan di Lombok City Center, Jl. Jendral Ahmad Yani Km.8, Gerimax, Narmada, Lombok Barat, NTB, Jumat, 11 Mei 2018 lalu pada pukul 19.00 waktu setempat. Acara ini dimeriahkan oleh beberapa penampilan kesenian dari berbagai siswa SMK dari seluruh penjuru provinsi.

Pada penganugrahan LKS SMK Tahun 2018 ini, salah satu perwakilan

dari Provinsi Jawa Barat mendapatkan mendali emas juara pertama dalam lomba bidang Post Harvest Technology. Dia adalah Rani Nursita dari SMKN 1 Pacet. Saat perlombaan Rani membuat tepung dari talas tanpa getah yang biasanya membuat gatal. Hal tersebut dimodifikasi olehnya dengan menggunakan teknologi yang ada.

“Talas tersebut ditambahkan garam atau NaCl 1 persen untuk menghilangkan

getah penyebab gatal,” jelasnya.

Tepung tersebut dipakai untuk membuat makaroni pasta dengan mengaplikasikan teknologi  pada mesin pasta. Bermula dengan mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat makaroni pasta tersebut, kemudian dimasukan kedalam mesin pasta yang bekerja selama 12 menit, lalu makaroni pasta sudah siap dengan tercetak sendiri.

Siswa sangat bersyukur telah memenangkan penghargaan LKS SMK tingkat Nasional ini. Selain itu dalam acara ini, ia juga lebih banyak mengenal teman-teman dari luar daerah. Rani Nursita merupakan siswa kelas XII jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) di SMKN 1 Pacet. Pesaing Rani dalam bidang lomba ini adalah 27 siswa dari berbagai SMK di tingkat Nasional.***

 

Baca Juga :