RENCANA AUDIT DAN PROGRAM AUDIT

RENCANA AUDIT DAN PROGRAM AUDIT
  1. Jenis pengujian terdiri atas :
  1. Prosedur untuk memperoleh pemahaman atas Sistem Pengendalian Internal. 5 tipe prosedur audit : update dan evaluasi pengalaman audit sebelumnya dngn entitas, membuat penyelidikan personal klien, memeriksa dokumen dan catatan, observasi aktivitas entitas dan operasi, melakukan panduan sistem akuntansi
  2. Pengujian pengendalian. prosedur : membuat penyelidikan personal klien yang sesuai, memeriksa dokumen, catatan, dan laporan, observasi aktivitas yag berhubungan dngn kontrol, mengulang prosedur klien
  3. Pengujian substantif atas transaksi

Untuk menguji kekeliruan atau ketidak beresan dalam rupiah yang langsung mempengaruhi kebenaran saldo laporan keuangan. Pengujian substantif terdiri atas:

  1. i)Pengujian atas transaksi, untuk menentukan apakan transaksi akuntansi telah diotorisasi dengan pantas, dicatat dan diikhtisarkan dalam jurnal dengan benar dan diposting kebuku besar dan buku tambahan dengan benar.
  2. ii)Prosedur analitis, mencakup perbandingan jumlah yang dicatat dengan ekspektasi yang dikembangkan oleh auditor.

iii) Pengujian terinci atas saldo, yang memusatkan pada saldo akhir buku, tetapi penekanan utama pada kebanyakan pengujian terinci atas saldo neraca.

  1. prosedur analitis
  2. Pengujian terinci atas saldo.

Sumber : https://belinda-carlisle.com/