Sistem Zonasi Lebih Sederhana

Sistem Zonasi Lebih Sederhana

Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 pada jenjang sekolah dasar

dan menengah dipastikan menggunakan mekanisme zonasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menjatuhkan sanksi kepada pemeritah daerah yang tidak melaksanakan Peremendikbud Nomor 17 Tahun 2017 tentang PPDB. Dalam pasal 15 aturan tersebut ditegaskan, sekolah pada setiap zona wajib menyerap 90 persen  dari total daya tampung peserta didik baru yang bertempat tinggal di dekat sekolah.

Zonasi , dinilai akan menghilangkan dikotomi antara sekolah unggulan dan nonunggulan. Menurut dia, selama ini, pihak sekolah seolah-olah dikompetisikan oleh peraturan pemerintah. Padahal, semua sekolah mendapat bantuan dana dari pemerintah, baik dari provinsi atau pun kabupaten dankota.

“Sebenarnya dengan adanyanya jalur zonasi ini tuh nggak membuat panitia ribet.

Justru menurut saya karena program ini pelaksanaan PPDB itu lebih efisien waktu. Misalnya warga yang tinggal di daerah SDN Jatisari II jadi ngga lama dalam mendaftarkan anak anaknya kesini. Biasanyakan karena mereka merasa dekat tempat tinggalnya dengan sekolahan jadi ya nanti aja gitu,” ujar guru kelas II di SDN Jatisari II,  Suci Rahma Lestari.

Suci mengatakan,  untuk menyeleksi calon murid di SDN jatisari II melalui zonasi dilihat dari KK dan Akte Kelahiran calon murid tersebut.  Semakin dekat zona tempat tinggalnya dengan sekolah semakin besar kemungkinan murid tersebut diterima.

“Jalur zonasi ini kan di tentukan oleh jarak rumah ke sekolah sesuai ketentuan zonasi yang ada

.  Jarak zonasi ini juga menjadi persyaratan seleksi PPDB untuk jenjang pendidikan SD di Bekasi dan baru di tertibkannya tahun ini.” lanjutnya.

Melalui sistem umur  juga menjadi syarat seleksi masuk SDN Jatisari II dimana yang paling tua atau anak yang telah mencapai umur tersebut diwajibkan untuk diterima di sekolah. Baru kemudian, mempertimbangkan untuk sistem zonasi dari yang anak bersangkutan.

“Pra pendaftaran PPDB ini akan dimulai tanggal 20-28 Juni 2018 sedangkan PPDB jalur zonasi akan ada dua tahap,  tahap pertama pada tanggal 25, 26, 28 Juni Dan tahap pendaftaran kedua akan berlangsung pada tanggal 10 – 12 Juli 2018,” tutupnya

 

Baca Juga :