Sulap Sampah Jadi Rupiah, Siswa SKB Ikuti Pelatihan Daur Ulang

Sulap Sampah Jadi Rupiah, Siswa SKB Ikuti Pelatihan Daur Ulang

Sebanyak 55 siswa Paket A, B dan C dari Sanggar Kegiatan Belajar

(SKB) Bubulak dan Bakom mengikuti pelatihan cara pengelolaan daur ulang sampah dari petugas Perpustakaan Sampah, kemarin.

Pelatihan ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan tentang sampah dan pemanfaatannya, sehingga memiliki nilai ekonomis. Seorang Tutor SKB, Ujang Jaya, mengatakan, sosialisasi dan pelatihan ini diikuti warga belajar yang terdiri dari siswa Paket A, B dan C.

Selama ini ia merasa pemanfaatan daur ulang sampah masih belum maksimal

, sehingga penting kegiatan semacam ini. “Pelatihan dan sosialisasi ini diberikan agar siswa memahami dan mengerti tentang sampah yang selama ini dianggap tidak bermanfaat,” terangnya.

Padahal, sambung dia, jika dikelola dengan baik, maka sampah-sampah tersebut bisa didaur ulang menjadi sesuatu yang mempunyai nilai ekonomi, baik ekonomi keluarga maupun dirinya sendiri.

“Kami bersyukur dengan adanya sosialisasi dan pelatihan dari Perpustakaan Sampah ini.

Peserta didik mendapat ilmu baru yang sangat bermanfaat,” terangnya.

Menurut Ujang, pelatihan dan sosialisasi ini sangat direspons baik oleh peserta didik. Sebab, pengetahuan tentang pengelolaan sampah menjadi hal baru yang bisa dipraktikkan secara nyata di rumah atau di lingkungannya masing–masing.

”Semoga ilmu yang mereka dapatkan bisa bermanfaat bagi diri sendiri atau lingkungannya. Sehingga bisa menekan volume sampah di wilayah masing–masing,” pungkas Ujang

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/GHW5SHM