Teknik Promosi Ke-3: Sales Promotion

Menurut definisi Kotler, promosi penjualan adalah insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan dari suatu produk dan jasa.

Promosi penjualan bisa termasuk berbagai jenis peralatan yang mempunyai sifat unik seperti kupon, perlombaan, pemotongan harga, hadiah dan lain-lain.

Tujuan – tujuan promosi penjualan tersebut dapat digeneralisasikan sebagai berikut :

Meningkatkan permintaan dari para pemakai industrial dan konsumen akhir
Meningkatkan kinerja pemasaran jika menggunakan perantara
Mendukung dan mengkoordinasikan kegiatan personal selling dan iklan

Macam Media Promosi Dalam Pemasaran Produk

Apa saja macam-macam media promosi? Media promosi merupakan sarana yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan mengenai suatu produk yang akan ditawarkan kepada masyarakat. Saat ini, ada banyak media promosi yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk media promosi .

Banner
Banner biasanya dicetak dalam ukuran yang besar dan dipasang pada tempat-tempat yang mudah dilihat orang. Bentuk dan teknik pemasangan banner juga bervariasi. Agar mudah dipindahkan, biasanya banner dipasang pada rangka yang berbentuk X. Banner ini dikenal dengan istilah X-banner.

Televisi
Televisi adalah sarana untuk melakukan promosi yang paling banyak menarik banyak pelanggan. Media promosi yang satu ini bisa menampung banyak iklan.

Namun, karena pembuatan iklan di televisi membutuhkan banyak waktu maka biaya untuk melakukan promosi di televisi juga sangat mahal. Selain itu, durasi iklannya juga maksimal hanya 1 menit, hal itu dikarenakan karena pengiklanannya harus bergantian dengan iklan-iklan yang lain.

Merchandise
Selain media promosi yang sudah disebutkan di atas, masih banyak lagi sebenarnya media yang dapat digunakan untuk memasarkan produk. Kreativitas dan ketepatan segmen pasar menjadi kuncinya. Berikut ini berbagai promotion item yang juga lazim digunakan sebagai merchandise:

calendar
mug
topi
gantungan kunci
mousepad / tatakan mouse
buku / notes / agenda
bolpoin / alat tulis lainnya
payung
goody bag
tote bag
bantal
flash disk USB
t-shirt / polo shirt
magnet kulkas
botol minum / tumbler
gelang / kalung dll
sticker
Dari macam-macam media promosi di atas, manakah media yang sering Anda gunakan? Sebelum melakukan promosi, akan lebih baik jika Anda memperhitungkan budget yang dimiliki agar tidak terjadi pembengkakan dana dan tidak merugikan Anda sendiri. Baca juga tentang manfaat media sosial.

Baca Juga : Cara Melukis Kontraktor Rumah

Bagi Anda para UMKM yang ingin menambah keilmuan tentang dunia bisnis dan kewirausahaan maupun ekonomi kreatif, dapat mengikuti webinar yang diadakan oleh Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ), suatu event tahunan yang diselenggarakan atas kerjasama dan sinergi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Bank Indonesia Jawa Barat, Dekranasda Jawa Barat, Otoritas Jasa Keuangan, dan Perbankan dengan mengunjungi halaman berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *