Teori Pertumbuhan Ekonomi Menurut Karl Bucher

Teori Pertumbuhan Ekonomi Menurut Karl Bucher

Teori Pertumbuhan Ekonomi Menurut Karl Bucher

Tokoh ilmuwan ekonomi Karl Bucher menjelaskan pertumbuhan ekonomi dalam suatu negara dengan berdasarkan pada hubungan antara produsen dengan konsumen. Menurut Bucher, pertumbuhan ekonomi dapat dibagi menurut 4 tahapan berikut ini:

Masa rumah tangga tertutup

Pada masa ini masyarakat melakukan produksi hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup kelompoknya sendiri.  Dengan demikian pada masa rumah tangga tertutup ditandai dengan kehidupan masih bersifat tertutup dan belum terdapat pertukaran antar desa maupun antar kelompok.

Masa rumah tangga kota

Dalam masa ini, sebagian kelompok masyarakat telah membangun tempat khusus sebagai pusat perdagangan maupun industri yang kemudian dikenal dengan istilah kota. Setelah terbentuk pusat perdagangan dan indusri tersebut maka timbulah hubungan dagang diantara desa dengan kota.

Masa rumah tangga bangsa

Sesuai perkembangan zaman, pertukaran atau perdagangan yang terjadi dalam satu kota sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup penduduknya. Kadang-kadang suatu kota tidak mampu menghasilkan suatu jenis barang sehingga barang tersebut harus didatangkan dari kota lainnya, hal inilah yang mengakibatkan kegiatan perdagangan antara kota satu dengan kota lainnya. Perdagangan antar kota tersebut kemudian mulai meluas ke seluruh kota sehingga memicu terbentuknya satu kesatuan masyarakat yang melakukan pertukaran perdagangan antar kota dalam satu bangsa atau negara.

Masa rumah tangga dunia

Dalam masa ini, pertukaran atau perniagaan telah melewati batas- batas negara karena antara satu dengan negara lainnya ternyata saling membutuhkan satu sama lain. Perdagangan antar negara dalam masa ini telah didukung dengan berbagai kemajuan IPTEK sehingga memudahkan manusia  pada masa ini untuk saling berhubungan dengan negara lainnya.


Sumber:

https://www.sekolahbahasainggris.co.id/