Terapkan Pola Makan Sehat dan Benar pada Si Kecil

Terapkan Pola Makan Sehat dan Benar pada Si Kecil

Terapkan Pola Makan Sehat dan Benar pada Si Kecil

Asupan serat yang cukup penting bagi kesehatan cerna Si Kecil. Rekomendasi asupan harian serat untuk Si Kecil usia 1-3 tahun adalah 19 gram. Penuhi kebutuhan ini dengan memasukkan beragam sayuran serta buah ke dalam menu Si Kecil.

Perhatikan Asupan Cairan Harian

Pastikan Si Kecil minum banyak cairan terutama air putih. Cara lain untuk memenuhi kebutuhannya adalah dengan memberikan susu atau mengonsumsi buah yang banyak mengandung cairan seperti jeruk dan semangka.

Rutin Beraktivitas Fisik

Menurut Beth Pinkos MS, RD, LDN, ahli gizi dari Hasbro Children’s Hospital, olahraga membantu pergerakan saluran cerna. Aktivitas fisik akan menstimulasi proses pencernaan makanan dengan lebih baik lagi.

Konsumsi Probiotik

Dengan mengonsumsi probiotik, jumlah bakteri baik dalam saluran cerna Si Kecil akan semakin banyak. Ini akan menekan pertumbuhan bakteri jahat yang bisa memicu gangguan cerna. Ayah dan Bunda bisa memberikan yogurt, susu formula yang difortifikasi dengan probiotik, dan juga makanan fermentasi seperti tempe.

Jadi, jangan sepelekan gangguan pencernaan, ya, karena pencernaan yang sehat adalah awal dari tumbuh kembang Si Kecil yang optimal.

Sumber : https://www.ilmubahasainggris.com/