UN SMA 2016, Ini Jadwal Lengkapnya

UN SMA 2016, Ini Jadwal Lengkapnya

Pada Senin mendatang (4/4), seluruh siswa kelas XII SMA/SMK/MA se-Indonesia akan mengikuti Ujian Nasional (UN) 2016 secara serentak. Seperti tahun sebelumnya, penyelenggaraan UN tahun ini masih terbagi dalam dua sistem, yakni Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) atau yang sering disebut Paper Base Test (PBT), dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau Computer Base Test (CBT).

UN untuk SMA/MA yang menyelenggarakan UN PBT, akan dilaksanakan pada 4 hingga 6 April 2016. Sementara, UN PBT di jenjang SMK akan dilaksanakan pada 4 hingga 7 April 2016.

Bagi sekolah yang melaksanakan UNBK, ujian akan berlangsung pada 4 hingga 7 April 2016

dan dilanjutkan pada 11 hingga 12 April 2016. Pada UNBK, setiap harinya setiap peserta ujian hanya mengerjakan satu mata ujian.

“Untuk UNBK memang lebih lama, karena sehari hanya satu mata pelajaran. Sedangkan yang masih PBT, sehari bisa dua mata pelajaran,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman, Arif Haryono.

Berdasar informasi dari Kemdikbud, mata pelajaran yang diujikan pada UN SMA/MA

adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Mata pelajaran sesuai jurusan. Untuk jurusan IPA, mata pelajaran yang diujikan meliputi Biologi, Fisika, dan Kimia. Jurusan IPS mengujikan Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi. Sedangkan untuk jurusan Bahasa dan Budaya, akan mengujikan Sastra Indonesia/Bahasa dan Sastra Indonesia, Antropologi, dan Bahasa Asing (Bahasa Arab, Jepang, Jerman, Perancis, dan Mandarin).

Sementara, khusus untuk MA jurusan Keagamaan, mata pelajaran yang diujikan adalah Tafsir, Hadis, dan Fikih. Untuk SMK, selain mengujikan Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, juga masih ada tambahan Teori Kejuruan.

Mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama UN PBT adalah Bahasa Indonesia

, Kimia (program IPA), Geografi (program IPS), Sastra (program Bahasa), dan Hadits (program Keagamaan). Pada hari kedua, mata pelajaran yang diujikan adalah Matematika, Biologi (IPA), Sosiologi (IPS), Antropologi (Bahasa), dan Fikih (Keagamaan). Sedangkan mata pelajaran UN pada hari terakhir adalah Bahasa Inggris, Fisika (IPA), Ekonomi (IPS), Bahasa Asing (Bahasa), dan Tafsir (Keagamaan). Untuk SMK, hari pertama akan mengujikan Bahasa Indonesia, hari ke dua Matematika, hari ke tiga Bahasa Inggris, dan hari terakhir Teori Kejuruan.

 

Sumber :

https://memphisthemusical.com/