UNPAK Luluskan 560 Mahasiswa

UNPAK Luluskan 560 Mahasiswa

Universitas Pakuan (UNPAK) luluskan 560 maha­siswa doktor, magister, sarjana

dan­ ahli madya, kemarin (21/2) di gedung Braja Mustika. Ke­bahagiaan pun terpancar dari wajah wisudawan yang berhasil me­raih gelarnya pada hari itu. Ucapan selamat bahkan tidak henti-hentinya disampaikan kepada mereka.

Rektor UNPAK Bibin Rubini juga turut menyampaikan ucap­an selamat kepada maha­siswa yang berhasil lulus pada kegiatan wisuda gelombang I tahun 2018 tersebut.

Kelulusan itu tidak lepas dari kerja sama civitas UNPAK -terutama para dosen- untuk dapat membekali maha­­siswanya menghadapi peru­bahan zaman yang sema­kin pesat.

”Zaman sekarang merupakan revolusi industri yang ke empat.Di mana,

semua pekerjaan kita telah banyak digantikan dengan mesin. Kalau kita diam tidak berinovasi dalam teknologi, kita akan tertinggal,” kata Bibin.

Ia mengatakan, bekal-bekal yang senantiasa UNPAK berikan kepada mahasiswanya bukan hanya ilmu, tetapi juga alat untuk berpikir, serta karakter. ”Jadi seringkali saya instruk­sikan kepada para dosen bukan hanya transfer ilmu atau know­ledge, tapi juga nilai-nilai karakter,” bebernya.

Karena menurutnya, ilmu yang sudah menjadi modal dasar lulusan tidak akan pernah

membuat sukses jika tidak disertai dengan perilaku yang baik. ”Yaitu disiplin, etos kerja yang baik, semangat, jujur dan benar,” tambah Bibin.

Bibin pun berharap lulusan nantinya bisa menciptakan lapa­ngan pekerjaan sehingga dapat bermanfaat bagi masya­rakat luas. ”Saudara jangan me­­ngemis untuk mencari peker­jaan, ciptakan pekerjaan, selalu bersemangat dalam mengabdikan diri kepada negara,” tuturnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Koordinator Kopertis Wilayah IV Uman Suherman. Ia menga­takan mahasiswa harus me­miliki karakter dan inovasi untuk dapat bertahan dan mem­buat orang lain sukses. ”Karena kesuksesan bukan hanya untuk diri kita sendiri. Kita jangan selalu menjadi peminta, tapi jadilah pen­derma,” tutur Uman.

Setelah kata sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan rektor untuk meluluskan mahasiswa pada hari itu. Dan prosesi wisuda yang dipimpin langsung oleh Rektor UNPAK, Bibin Rubini.

 

Baca Juga :