Wisatawan dari Lima Negara Bersedia Kunjungi Indonesia Setelah Perbatasan Dibuka Kembali

Sebuah studi global baru-baru ini yang diterbitkan pada hari Kamis menemukan bahwa turis dari Singapura, India, Filipina, Australia, dan Selandia Baru semuanya menargetkan Indonesia sebagai tujuan pertama mereka ketika perbatasan negara asalnya dibuka kembali.

Survei yang dilakukan bersama oleh lembaga penelitian sosial Blackbox Research yang berbasis di Singapura, penyedia data Dynata, dan mitra bahasa Language Connect, juga mengungkapkan bahwa 71 persen orang Indonesia mengatakan bahwa negara tersebut siap untuk membuka kembali kegiatan pariwisata dan rekreasi.

Angka tersebut merupakan yang tertinggi kedua di Asia Tenggara, menurut temuan tersebut.

Sebanyak 96 persen orang Indonesia juga percaya bahwa sektor pariwisata adalah salah satu pendorong utama perekonomian – tingkat kepercayaan tertinggi secara global.

Sementara Indonesia memiliki kepercayaan diri untuk membuka kembali sektor pariwisatanya, masih banyak yang harus dilakukan untuk mendapatkan kembali salah satunya dari pengunjung asing karena negara tersebut telah menjadi yang paling terpukul oleh wabah Covid-19 di wilayah tersebut.

“Setelah menetapkan tujuan ambisius untuk membuka kembali Bali bagi pengunjung internasional pada 11 September, pemerintah Indonesia perlu memainkan peran kunci dalam meyakinkan wisatawan dari seluruh dunia bahwa perjalanan yang aman ke tujuan yang mereka inginkan,” Blackbox Research Chief Operating Officer Saurabh Sardana mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Laporan berjudul Unravel Travel: Fear & Posabilities in a Post-Coronavirus World, merupakan hasil wawancara terhadap 10.195 orang di 17 negara terkait perjalanan.

“Studi kami memperkuat fakta bahwa pariwisata internasional merupakan pilar penting bagi perekonomian Indonesia. Sebagian besar operator siap untuk memulai kembali, dengan protokol keselamatan dan kebersihan yang diterapkan dengan kuat, ”kata Sardana.

“Baik secara nasional atau global, semua mata akan tertuju pada Indonesia, dan bagaimana mereka menangani gelombang pertama pelancong domestik di Bali saat dibuka kembali, yang kami perkirakan akan terus tumbuh mengingat permintaan yang diharapkan untuk perjalanan yang kami temukan dari studi kami ,” dia menambahkan.

Laporan tersebut menemukan bahwa 73 persen orang Indonesia tertarik untuk melakukan perjalanan domestik dalam 12 bulan ke depan dan masuknya wisatawan domestik akan memberikan “kesempatan untuk mulai membangun kepercayaan wisatawan terhadap pendekatan Indonesia terhadap kesehatan dan keselamatan”.

“Apa yang akan kita saksikan dengan Bali dalam beberapa bulan ke depan akan menjadi sangat penting – operator perjalanan lokal dan bisnis perlu memanfaatkan kesempatan untuk membangun reputasi yang kuat dalam keamanan dan kebersihan dengan wisatawan domestik, yang akan membantu menceritakan kisah kepercayaan yang akan terbentuk. panggung untuk September, ”kata Sardana.

Secara global, studi tersebut menemukan bahwa 80 persen pelancong bersedia membayar lebih untuk akomodasi yang lebih aman dan 76 persen responden menyatakan bahwa tujuan perjalanan pilihan mereka adalah negara-negara yang menawarkan lebih banyak pengalaman tanpa kontak.

Dalam rapat kabinet pada hari sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan pariwisata adalah salah satu sektor yang paling terkena pandemi global.

“Setelah memeriksa sektor-sektor yang terkena dampak, saya melihat bahwa pariwisata dan perjalanan udara sangat terpukul. Pada kuartal II, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia mencapai 482.000 orang. Itu turun 81 persen kuartal ke kuartal dan 87 persen tahun ke tahun, “kata presiden.

Sejak pembukaan kembali 1 Juli, Bali telah melihat jumlah wisatawan domestik lebih dari tiga kali lipat menjadi 2.500 per hari, dari hanya 800 wisatawan lokal sebelumnya, menurut kepala dinas pariwisata provinsi Putu Astawa.

“Kami mengharapkan lonjakan kedatangan selama Natal dan Tahun Baru. Tapi yang terpenting saat ini adalah mendapatkan kembali kepercayaan para pelancong terhadap langkah-langkah keselamatan kesehatan kami, ”kata Putu, Rabu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *